Pertanyaan? 0822 1999 5001

KEMAHASISWAAN

Mahasiswa Teknologi Pertambangan PEP Bandung Sabet Juara 3 pada Ajang Youth Mining Camp Competition

PEP – Dua mahasiswa Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung (PEP-B) berhasil menorehkan prestasi pada ajang Youth Mining Camp Competition, adapun jenis lomba yang diikuti adalah essay competition. Pada lomba essay competition yang diadakan oleh HMTA UPNYK ini, mereka dalam tim LHD berhasil menyabet juara 3 dengan menyisihkan 32 peserta yang ada.
Adapun dua mahasiswa tersebut yaitu Jamaludin Kori dan Firdha Fajriatunnissa dari Program Studi Teknologi Pertambangan Angkatan 2019. Dibawah bimbingan Rochsyid Anggara, S.T.,M.T. selaku Dosen Program Studi Teknologi Pertambangan dan Dr. Forest. Tedi Yunanto, S.Hut, M.Si selaku Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, mereka membuat essay yang berjudul “Dampak Penerapan UU No. 3 Tahun 2020 Terhadap Kepentingan Nasional”.
Lomba ini diselenggarakan secara daring. Terdapat beberapa alur lomba yang harus mereka ikuti hingga menyabet juara 3. Tahap awal yaitu pendaftaran dan pengumpulan karya dilakukan pada 10 Maret – 13 Mei 2021, Penjurian karya berlangsung dari 14 Mei – 4 juni 2021 hingga didapatkan 10 besar dan dilakukan presentasi oleh 10 besar peserta. Pengumuman pemenang diumumkan pada 26 Juni 2021 secara virtual dan live di Youtube YMCC UPNVY.

https://www.youtube.com/watch?v=ZmK0d_rHLDw

 

Mahasiswa PEP Bandung Galang Dana Bantu Korban Bencana NTT

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung menggalang dana bantuan untuk korban bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kegiatan ini juga berkolaborasi dengan HMTP (Himpunan Mahasiswa Teknologi Pertambangan) dan HMTM (Himpunan Mahasiswa Teknologi Metalurgi) PEP Bandung. Bencana yang memakan puluhan korban jiwa dan luka-luka serta hancurnya tempat tinggal dan bangunan publik itu telah mendorong para mahasiswa untuk membantu meringankan korban bencana yang hingga saat ini masih mengungsi. Adapun bentuk kegiatan ini telah dimulai sejak 19 April 2021 dengan cara penyebaran flyer penggalangan dana di masing-masing media sosial organisasi (BEM, BPM, HMTP, dan HMTM) serta turun langsung ke jalan di titik perempatan jalan Lampu merah Bunderan Cibeureum arah ke Jl. Soekarno Hatta Bandung. Kegiatan ini berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menerapkan 3M yaitu Menjaga Jarak, Memakai Masker dan Mencuci tangan. Penggalangan dana ini bekerjasama dengan platform Kitabisa.com sebagai bentuk kepedulian sesama dan solidaritas terhadap masyarakat yang terkena musibah. Rencananya penggalangan dana ini akan berlangsung hingga 29 April 2021. Lebih lanjut jika ingin membantu dapat melalui https://kitabisa.com/campaign/pepbandungbantuntt.

 

BEM dan BPM PEP Bandung Periode 2021 Resmi Dilantik

Ketua dan jajaran pengurus  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung resmi dilantik oleh pimpinan universitas pada Sabtu (3/4/2021).
Pelantikan kali ini dilakukan secara virtual atau online dan disiarkan langsung melalui akun youtube PEP Bandung. Serta untuk kegiatan serah terima jabatan dilaksanakan di kampus Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Presiden Mahasiswa PEP Bandung 2021/2022 terpilih adalah Nandi Sunandar dari Prodi Teknologi Metalurgi menggantikan Jundan Firdaus dari Prodi Teknologi Geologi yang memegang tampuk kepemimpinan pada periode 2019/2020. Seluruh Pengurus BEM dan BPM dilantik oleh Direktur Utama Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung, Dr. Asep Rohman, S.T., M.T. melalui aplikasi Zoom dengan dihadiri 93 partisipan baik mahasiswa maupun pimpinan kampus. Acara berlangsung dari pukul 09.00 – 09.45 WIB.
Dalam sambutannya Direktur Utama menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PEP dalam pengembangan soft skill mahasiswa. Beliau juga menegaskan dalam dunia kerja yang dilihat tidak hanya hard skill yang dimilikinya, namun juga soft skill yang bisa dilihat dari cara berbicara didepan umum, kreatifitas serta kemampuan leadership yang dimilikinya. Oleh karenanya, BEM dan BPM ini dapat menjadi wahana untuk melatih diri dalam mengasah soft skill mahasiswa.
Sebelum menutup sambutannya Direktur Utama berpesan kepada pemimpin jajaran BEM dan BPM untuk bisa menjadi pemimpin yang baik, seorang pemimpin haruslah bisa untuk memanusiakan manusia “Setiap manusia adalah pemimpin, maka pemimpin yang baik adalah manusia yang baik. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu memanusiakan manusia yang dipimpinnya”, tuturnya kemudian mengakhiri sambutan.

 

Whatsapp