Pembahasan Implementasi Kerjasama dan Benchmarking Pembinaan Kemahasiswaan dengan Politeknik Negeri Malang

24 Juni 2024 by Admin PEP Bandung

Malang. 24 Juni 2024. Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung melakukan kunjungan ke Malang yaitu ke Politeknik Negeri Malang. Kunjungan ini bermaksud untuk membahas pelaksanaan kerja sama antara  PEP bandung dengan Polinema. Selain itu PEP Bandung juga melakukan benchmark terkait pengelolaan kegiatan mahasiswa di Polinema.

Kegiatan benchmark ini dilaksanakan di Gedung AA Polinema lantai 2 dan terbagi menjadi dua sesi yaitu sesi pertama terkait pengelolaan kemahasiswaan dan yang kedua terkait pemahasan pelaksanaan kerja sama dengan Polinema. Kegiatan dibuka dengan selayang pandang dari Polinema selaku tuan rumah yang dilanjutkan dengan paparan singkat terkait pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan yang ada di PEP Bandung.

Tim kemahasiswaan yang kali ini diwakili oleh Pak Suparno memulai pembahasan terkait pembinaan kemahasiswaan. Beliau memberikan sedikit penjelasan tentang bagaimana kondisi mahasiswa dan aktivitas mahasiswa di luar perkuliahan. Pak Suparno  menjelaskan UKM yang ada di PEP Bandung namun ada  beberapa UKM yang tidak aktif lagi setelah berjalan beberapa bulan. Beliau menanyakan ke pihak Polinema bagaimana pengelolaannya agar UKM itu bisa berjalan dengan konsisten. Tim Polinema yang diwakili oleh Pak Anggit menjelaskan untuk memotivasi dan mentrigger keaktivan mahasiswa, Polinema menerapkan sistem angka kredit untuk setiap mahasiswa. Angka kredit itu sendiri bisa dicapai dengan mengikuti UKM dan organisasi kemahasiswaan. Polinema juga memberikan pembiayaan dan fasilitasi penuh untuk setiap kejuaraan yang membawa alamamter Polinema. Selain itu Polinema juga memberikan reward berupa biaya pembinaan untuk setiap mahasiswa yang berhasil menjuarai kompetisi nasional dan internasional.

Sesi selanjutnya adalah sesi pembahasan kerja sama. Subkoordinator Kerjasama Pak Asep Sidiq menjelaskan tentang bentuk kerja sama yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak. Beliau juga menjelaskan tentang potensi-potensi kerja sama di kemudia hari tentunya terkait pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. Prof Ratih selaku Wakil Direktur IV Bagian Kerja Sama menjelaskan ada beberapa usulan atau ide yang kirainya bisa segera dieksekusi yaitu terkait sertifikasi dengan LSP PPSDM Geominerba. Prof Ratih juga mengusulkan tentang lomba mahasiswa yang bertajuk Diploma Cup Miner Competition. Lomba tersebut rencananya akan segera diadakan dan pesertanya adalah mahsiswa dari universitas dan politeknik yang mempunya prodi/jurusan pertambangan. Diskusi terkait hal ini berlangsung tenang dan diselingi beberapa guyonan kecil yang khas dari masing-masing tim.

Kegiatan di Polinema pun selesai dan ditutup dengan pemberian cenderamata dari masing-masing tim. Dan layaknya hal wajib disetiap pertemuan tim PEP Bandung tidak lupa melakukan foto Bersama dengan tim dari Polinema sebagai dokumentasi kegiatan yang sudah dilaksanakan di Malang tersebut.  

Whatsapp