Kolaborasi PEP Bandung dengan Suku Dinas Wilayah II Jakarta Selatan untuk Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru di SMAN 6 Jakarta

07 Mei 2024 by Admin PEP Bandung

Jakarta, 07 Mei 2024 Tim Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) Bandung berkunjung ke SMA N 6 Jakarta dalam rangka Sosialisasi dan Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun 2024. Kali ini PEP Bandung berkolaborasi dengan Suku Dinas Wilayah II Jakarta Selatan untuk sosialisasi penerimaan mahasiswa baru. Peserta Kegiatan Sosialisai ini terdiri dari perwakilan beberapa Guru BK dan Siswa SMA/SMK di Kota Tasikmalaya. Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Pak Jumadi Plt. Kepala Suku Dinas Wilayah II Jakarta Selatan  yang dilanjutkan sambutan Pak Mulyanto Kepala SMA N 6 Jakarta. Materi pertama disampaikan oleh Wakil Direktur bidang Alumni dan Kemahasiswaan Dr.forest. Tedi Yunanto, S.Hut., M.Si. Beliau mberikan introdaksi PEP Bandung yang berada di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Selain itu, Tedi memberikan gambaran keilmuan tentang dunia pertambangan dan batubara yang harganya saat ini sedang naik.

Selanjutnya materi disampaikan oleh Pak Amis Subkoor Kerjasama PEP Bandung yang menjelaskan satu per satu kegiatan pertambangan yang berhubungan dengan masing-masing Program Studi (Prodi) yang ada di PEP Bandung, yakni Prodi Teknologi Geologi, Prodi Teknologi Pertambangan dan Prodi Teknologi Metalurgi. Lalu, Tedi memberikan gambaran yang lebih rinci dari ketiga Prodi tersebut agar siswa-siswi memahaminya. Proses belajar di PEP Bandung 70% Praktikum dan 30% Teori serta Program Magang selama 1 Semester di Perusahaan-perusahaan Industri Pertambangan Indonesia.

Sebelum lulus, nantinya mahasiswa-mahasiswi PEP Bandung dibekali 2 Sertifikasi Kompetensi. Tak hanya itu saja, Calon Wisudawan akan diberikan Pelatihan Psikotes, Test Toefl dan Public Speaking secara Gratis. Serapan Lulusan Pertama saat ini sudah mencapai angka 96% yang bekerja di berbagai Industri Pertambangan, sedangkan Lulusan kedua sudah mencapai angka 77%.

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru PEP Bandung ada 4 Pilihan, yang Pertama Jalur Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), yang kedua Jalur Tes Potensial Intelegensi Umum (TPIU), yang ketiga Ujian Tulis Berbasis Komputer dan yang keempat Jalur Kerjasama Industri. Untuk Biaya Pendaftaran sebesar 350 ribu rupiah dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebesar 7,7 juta rupiah. Fasilitas yang diperoleh Mahasiswa Baru antara lain Seragam Kuliah dan Olahraga, Tas, Sepatu dan Wearpack. Nantinya untuk Mahasiswa Berprestasi ada Beasiswa Khusus dari Perusahaan yang Bekerjasama dengan PEP Bandung dan Kementerian ESDM. 

 Kegiatan Sosialisasi dan Promosi diakhiri dengan sesi tanya jawab dan foto bersama Plt. Kepala Suku Dinas Wilayah II Jakarta Selatan dan Pak Mulyanto Kepala SMA N 6 Jakarta.

Whatsapp