Diskusi dengan Kemendikbud dan Colorado School of Mines

08 Maret 2023 by Admin PEP Bandung

Rabu 8 Maret 2023, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) ESDM menggelar pertemuan diskusi dengan Kemendikbud dan Colorado School Mines (CSM) di Kantor BPSDM ESDM. Pada kesempatan kali ini, Kepala BPSDM ESDM Prahoro Yulianto Nurtjahyo yang memimpin jalannya rapat. Acara tersebut dihadiri oleh Jony Haryanto Staf Ahli Menteri Kemendikbud, Anna Maria Jesica Kemendikbud, Annisa Yustia Kemendikbud, Dr John H. Bradford dari Mines – Vice President for Global Initiatives, Jaime Bachmeimer Project Manager, Imelda Eva, Yudi Rahayudin dan Tedi Yunanto dari Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung dan Staf lainnya. Kementerian ESDM baru saja menghadiri AZEC di Jepang minggu lalu untuk mempersiapkan infrastruktur dan keterampilan manusia yang terlibat dalam NZE. Program ini perlu dibawa ke tingkat  yang lebih tinggi tidak hanya di lingkungan Kementerian ESDM & Kemendikbud,  tetapi juga pemangku kepentingan lainnya (kementerian lain, dan/atau industri). Peta Jalan NZE aksi Indonesia untuk perubahan iklim pada tahun 2030  tidak ada lagi (membangun/mengembangkan) PLTU, batubara hanya mendukung dan Peta jalan dan model diverifikasi  oleh IEA.

Selaras dengan diskusi dan rencana ESDM untuk transisi energi kepedulian: untuk mempersiapkan dan meningkatkan pengetahuan / keterampilan sumberdaya manusia untuk menjalankan dan melaksanakan  program dengan Program gelar yang lebih tinggi dan On the job training atau magang. Indonesia menantang karena memiliki banyak pulau yang harus disejajarkan dan terhubung dengan listrik (super grid di bawah air). Kementerian ESDM  memiliki 2 politeknik di bidang minyak & gas (di cepu)  dan pertambangan  (di bandung). Dalam hal ini, Kemitraan Potensial untuk pengembangan kapasitas untuk menambah pengetahuan, program pelatihan standar, kerjasama dengan industri. Instruksi Menteri ESDM  perlu diselaraskan dengan USGS karena BPSDM saat ini bekerja dan mempersiapkan program magang yang dikirim ke industri bekerja di sana 2-3 tahun untuk  memberikan orang-orang kami  untuk memberikan kompetensi terbaik dan lebih tinggi dan berpengalaman, yang tidak kami dapatkan di kantor pemerintah.

Dari Staf Kemendikbud menyampaikan tujuan agar Indonesia memiliki sekolah  pertambangan yang baik  diperlukan kerja sama dari Kementerian ESDM untuk mendukung program dan membuat industri pertambangan yang  lebih baik. Selanjutnya dari pihak Colorado School of Mines (CSM) akan mendukung Indonesia untuk mengembangkan sekolah tambang dan CMS memiliki keahlian dalam CCS, hidrogen, biofuel, dll akan menjadi  kemitraan potensial. Tiga  tujuan  utama CMS antara lain yang pertama Kemitraan eksternal  penelitian dalam teknologi, yang kedua Latih HC dan ketiga mendidik orang lain pembuat kebijakan, mitra  industri, dll.

Whatsapp