Dies Natalis PEP BANDUNG ke-1: Achieve It and Growing Stronger

09 September 2020 by Admin PEP Bandung

Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) Bandung merupakan politeknik dibawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tentang Izin Pembukaan Program Studi Nomor 648/KPT/I/2019 Tanggal 26 Juli 2019. Berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 6 Tahun 2020, serta statuta PEP Bandung tanggal 27 Februari 2020, ditetapkan bahwa Dies Natalis PEP Bandung jatuh pada tanggal 9 September.

Tahun ini Dies Natalis PEP Bandung dilaksanakan mulai tanggal 2 September 2020 hingga 9 September 2020. Sebagai wujud dalam kepedulian bangsa, PEP Bandung menyelenggarakan hari jadi yang pertama ini dengan berfokus pada kepentingan lingkungan baik untuk sumber daya manusia maupun sumber daya alam. Terdapat lima rangkaian acara dalam memperingati hari jadi PEP Bandung ini, yaitu perlombaan antar program studi, medical check up, pengabdian masyarakat, bakti sosial, dan seminar online.

Perlombaan yang diselenggarakan PEP Bandung dalam memperingati hari jadi pertamanya, terdiri dari tiga jenis perlombaan yaitu video edukasi, cerdas cermat, dan jargon PEP Bandung. Cerdas cermat dilakukan dengan melibatkan para mahasiswa dan dosen PEP Bandung, baik dari program keahlian Teknologi Geologi, Teknologi Pertambangan, maupun Teknologi Metalurgi.

Medical check up merupakan kegiatan untuk memastikan tenaga pendidik yang ada di lingkungan PEP Bandung memiliki kesehatan yang baik, sehingga akan berdampak pada optimalisasi pelayanan terhadap para stake holder PEP Bandung.

Pengabdian masyarakat yang diselenggarakan PEP Bandung kali ini berjudul “Aksi Nyata Citarum Bersih dan Pemanfaatan Sampah Organik untuk Media Tanam”. Pengabdian masyarakat dilakukan di Desa Pesawahan, Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung pada tanggal 7 September 2020.

Bakti sosial merupakan kontribusi langsung PEP Bandung terhadap masyarakat sekitar. Tema bakti sosial yang diangkat ialah “PEP Bandung Peduli Covid-19”. Kegiatan tersebut dilakukan dengan memberikan stater kit yang berisi masker, vitamin, dan handsanitaizer.

Kegiatan terakhir yang dilakukan dalam memperingati hari jadi PEP Bandung yang pertama ialah seminar online. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom dengan mengusung tema “Achieve It and Growing Stronger” dengan dipadu oleh Dianissa Scheherazade (Putri Indonesia Digital & Social Media 2020).

Seminar ini dihadiri oleh Kepala  Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral, civitas akademika PEP Bandung, para dosen PEP Bandung, serta seluruh mahasiswa PEP Bandung. Dalam kegiatan ini, PEP Bandung mengundang dua orang narasumber. Pemaparan pertama dibawakan oleh Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Dr. Beny Bandanadjaja, S.T., M.T. dengan mengangkat judul “Peran Pendidikan Vokasi dalam Menciptakan SDM Unggul yang Siap Kerja”. Selanjutnya pemaparan kedua dibawakan oleh Abdul Nasir Maksum, S.H selaku General Manager / Division Head Human Capital & Learning Division PT Pamapersada Nusantara dengan judul Penerapan Lulusan Pendidikan Vokasi dalam Industri Pertambangan”.

Dengan berakhirnya seluruh rangkaian kegiatan tersebut secara resmi Dies Natalis PEP Bandung ditutup oleh perwakilan Direktur PEP Bandung pada Rabu 9 September 2020 pukul 12.00.

Whatsapp