Pertanyaan? 0822 1999 5001

Event

Online

GELAR WEBINAR INTERNASIONAL, PEP BANDUNG MENGAJAK MENGENAL REKLAMASI LAHAN BEKAS TAMBANG

Pada Senin, 27 Juli 2020 dalam International Webinar Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) Bandung, PEP Bandung mengundang expert dalam bidang reklamasi lahan bekas tambang menjadi pembicara di sesi webinar “Ex-Mined Reclamation : Linking Sciences to Best Practices”. Narasumber yang dihadirkan adalah Ir. Sujatmiko selaku Act. Director of Engineering and Environmental of Mineral and Coal, Prof. Dr. Ralp Mitlöhner dari Department of Tropical Silviculture and Forest Ecology, Faculty of Forestry Sciences and Forest Ecology, Universität Göttingen, Germany, Prof. Dr. Iskandar Z Siregar dari Department of Silviculture, Faculty of Forestry and Director of International Program IPB University, serta Sunbaek Bang, Ph.D selaku Deputy General Manager of MIRECO, Korea.

Plt. Direktur PEP Bandung, Wahid Sugiman dalam sambutan sekaligus membuka acara menyampaikan, diadakannya Webinar Internasional ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi perguruan tinggi untuk memberikan ilmu-ilmu dalam bidang pertambangan yang notabene sejalan dengan program studi yang ada di PEP Bandung yaitu Teknologi Geologi, Teknologi Pertambangan dan Teknologi Metalurgi dimana PEP Bandung mengkhususkan Pendidikan Vokasi dalam aspek pertambangan.

Antusias peserta webinar internasional PEP Bandung tidak hanya lewat zoom webinar namun juga peserta yang tidak dapat mengikuti via zoom webinar dapat terlihat mengikuti melalui Live Streaming Youtube PEP Bandung. Peserta Webinar ini terdiri dari akademisi, praktisi pertambangan, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Webinar diawali oleh pemaparan Ir. Sujatmiko selaku Plt. Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara KESDM yang memaparkan regulasi dalam system pemerintahan khususnya lingkup KESDM dalam upaya mengelola reklamasi dan mine closure di tambang. Selain itu juga memperlihatkan program-program yang telah dilakukan oleh perusahaan tambang di Indonesia setelah mine closure.

Pemaparan kedua oleh Prof. Dr. Ralp Mitlöhner dari Department of Tropical Silviculture and Forest Ecology, Faculty of Forestry Sciences and Forest Ecology, Universität Göttingen, Germany, yang memaparkan mengenai tantangan Reklamasi Hutan bekas tambang. Selanjutnya oleh Prof. Dr. Iskandar Z Siregar dari Department of Silviculture, Faculty of Forestry and Director of International Program IPB University yang menjelaskan mengenai pertimbangan genetic pada reklamasi lahan bekas tambang. Pada sesi terakhir, Sunbaek Bang, Ph.D selaku Deputy General Manager of MIRECO, Korea yang menjelaskan mengenai Program Reklamasi yang berhasil pada case lahan bekas tambang.

Untuk yang belum menyaksikan International Webinar, “Ex-Mined Reclamation : Linking Sciences to Best Practices” dapat menyaksikan rekaman ulangnya melalui Youtube PEP Bandung.

Whatsapp