Pertanyaan? 0822 1999 5001

Berita

Kuliah Lapangan Mahasiswa Bagian Kinerja Instansi Pemerintah

Salah satu tolok ukur untuk menilai kinerja instansi pemerintah adalah kuantitas dan kualitas pemberitaan kepada publik melalui media sosial seperti web. Untuk menindaklanjuti hal tersebut Humas BPSDM mengadakan pertemuan online dengan satker terkait, 28 April 2022 dengan agenda membahas standar pemberitaan di website BPSDM ESDM dan mekanisme monitoring pemberitaan mingguan.

Berkenaan dengan agenda rapat tersebut utusan rapat dari PEP Bandung menanyakan jenis konten yang bisa masuk dalam pemberitaan diantaranya tentang kuliah lapangan mahasiswa. Ada dua jenis kuliah lapangan yakni yang pertama adalah kuliah lapangan ke alam terbuka tidak bertemu mitra dan yang kedua kuliah lapangan kunjungan ke mitra. 

Agus Sukarji yang memimpin rapat menyambut baik pertanyaan itu dan menyatakan bahwa kuliah lapangan mahasiswa merupakan salah satu bentuk laporan kinerja instansi pemerintah, apakah itu ketemu atau tidak ketemu mitra keduanya sangat bermanfaat dalam menyampaiakan informasi ke publik. Melalui pemberitaan tersebut bisa saja terjalin kerja sama dengan pihak lain ketika informasi kegiatan itu sampai kepada pihak lain. 

Berdasarkan hasil rapat tersebut, Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung melalui HUMAS akan mensosialisasikan kepada para dosen agar setiap kuliah lapangan harus menyampaikan berita kegiatan disertai dengan ulasan manfaat kuliah lapangan yang dilakukan. Untuk mewujudkan ini tentu para dosen harus melibatkan mahasiswa secara bergantian bertugas membuat laporan singkat kuliah lapangan yang dilakukan. Hal ini juga akan sangat bermanfaat bagi para mahasiswa untuk terbiasa membuat laporan setelah satu kegiatan selesai.

Angin segar juga sudah disepakati oleh peserta rapat bahwa untuk meningkatkan kinerja Humas BPSDM dilakukan pertemuan rutin bulanan dan diadakan pelatihan penulisan berita dan artikel mengundang narasumber yang kompeten.

Whatsapp